OlehRedaksi Geliat Petani Porang Hebat di Kabupaten Pangkep

Okt 12, 2021

Petani Porang Hebat merupakan sebuah komunitas yang concern dalam upaya budi daya tanaman porang di Kabupaten Pangkep. Tanaman porang sendiri merupakan tanaman yang akhir-akhir ini banyak dicari dan diperbincangkan oleh para petani, juga pengusaha di Sulawesi-Selatan.

Syaharuddin Alrif, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi-Selatan merupakan bapak Porang Indonesia. Sekjend DPW Partai NasDem itu kerap diundang untuk menjadi narasumber dalam acara seminar yang membahas atau menyoal tanaman Porang.

Tak tanggung-tanggung, ia bahkan berulang kali dipanggil menjadi pemateri hingga ke Pulau Jawa. Teranyar, Sekjend DPW NasDem itu berbicara di hadapan pengurus NasDem Jatim. Di depan para Bupati, Gubernur, Pejabat Kementerian, Pusat juga Pemerintah Daerah bersama Petani porang Se-Jawa Timur

Di kabupaten Pangkep sendiri, tanaman Porang sebenarnya, telah lama tumbuh secara liar di hutan-hutan, paling subur dan yang jumlahnya banyak, bisa ditemui. Misalnya di kecamatan Balocci dan Tondong, jenis tanah serta ketinggian (MDPL) kedua daerah ini dinilai sangatlah mendukung. Itulah mengapa kedua daerah ini cukup prospek alias menjanjikan untuk dijadikan kawasan konservasi Porang.

Semangat petani untuk menghidupkan lahan tidur dan membangkitkan semangat bertani Porang di dua lokasi tersebut, mencapai titik kulminasi. Ketika sebelumnya, masyarakat di Balocci dan Tondong sekadar menjadikan porang sebagai bahan sayur, obat. Kini setelah hadirnya komunitas ini (Petani Porang hebat). Para petani ini, lansung melek alias sadar betapa bernilai ekonomisnya tanaman satu ini. Prosesnya, petani cukup diajak ke lokasi untuk mendapatkan edukasi, guna pembuktian, agar petani melihat praktik perkebunan Porang milik Wakil Ketua DPRD Propinsi Sulsel yang berlokasi di Kabupaten Sidrap itu secara lansung.

Syahar sapaan akrabnya menyambut dan memberi edukasi, lewat sesi acara yang dinamai Sekolah Porang. Melalui paparannya, Alumni DDI Kaballangan itu menjelaskan nilai ekonomis dan tingginya harga porang. ”Jika dikelola dengan baik. Maka akan menjadi tambang emas dan berkah baru bagi petani.” terang Syahar.

Dua Kali Kunjungan Petani Porang Hebat ke Sidrap, Lansung Praktik & Galang Minat Petani Kunjungan pertama Petani Porang Hebat ke Bumi Sidenreng Sidrap itu dilakukan. Tepatnya pada 21 Mei lalu, berbekal Surat Tugas. Rombongan Abd Kadir Emo, Badawi, Ridwan M, H Ichdam, Muhammad.

Beserta puluhan petani porang dari Kecamatan Tondong dan Balocci tak lupuk juga diikutkan, guna melihat lansung bagaimana budi-daya tanaman porang dikembangkan di wilayah Bendoro, Sidenreng, Kabupaten Sidrap.

Sepulang dari mengikuti sesi kunjungan dan sekolah Porang ini, masyarakat tondong dan Balocci mulai tercerahkan. Mereka sudah mengetahui step by step. Mulai cara bercocok tanam yang ideal dalam budi daya Porang. Baik menggunakan sistem bedengan, cara modern maupun cara tradisional.

Bagaimana menentukan kalender awal bercocok tanam, hingga cara memilih dan mensortir bibit jenis umbi, spora atau katak yang berkualitas, cara mengoptimalkan perkembangan tanaman porang dengan pemupukan, juga memaksimalkan pemeliharaan hingga masa dorman (panen).

Badawi, Ketua Komunitas Petani Porang Hebat menggunakan hand traktor, untuk pembukaan lahan perdana, Selasa 6 Juli 2021

Kunjungan kedua ke Bumi Sidenreng Sidrap dilakukan dengan melibatkan berbagai stake holder, termaksud para petani dari Kelurahan Balleangin Balocci dan Tondong, dengan jumlah lebih banyak. Sedikitnya ada 2 Bus rombongan dan beberapa lainnya menggunakan mobil sedan, pribadi.

Dalam kunjungan kedua. Kadis Pertanian, Kadis Kesehatan dan Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Pangkep beserta Kepala Bagian Pemerintahan, Andi Irfan hadir secara lansung.

Pada kunjungan kedua yang dilakukan pada Sabtu 19 Juni 2021 lalu itu, juga dirangkaikan dengan MoU atau penandatanganan kerja-sama, antara PT Al-Fatih dengan Petani Porang Hebat Kabupaten Pangkep.

Kerjasama MoU tersebut dalam Pasal 1 Obyek Perjanjian isinya berbunyi, Pihak Pertama (PT Al-Fatih) setuju untuk membeli dan membayar seluruh hasil panen Porang Pihak Kedua (Petani Porang Hebat).

Dengan demikian, rasa cemas atau ketakutan para Petani Porang di kecamatan Balocci dan Tondong bisa diminimalisir. Sebab, terkait pemasaran dan segala ihwal mengenai sertifikasi bibit sudah ada yang menjamin.

Perhari ini, Selasa 6 Juli 2021 merupakan hari kedua para petani porang hebat di Tondong melakukan praktik, dengan penanaman lansung tanaman bernilai emas ini. ‘’Setelah kunjungan sebanyak dua kali di bulan Mei dan Juni lalu, ke kebun tanaman Porang milik kaka Sekjend, kaka Syahar. Praktis, hari ini kita sudah melakukan penanaman awal atau perdana’’. Kata Badawi saat di temui, Ahad malam lalu, di salah satu Warkop di Pangkep.

‘’Satu atau dua bulan waktu yang ada kami juga gunakan untuk mendata, melakukan pemetaan dan pengelompokkan lahan petani untuk porang ini, khususnya di dua kecamatan yakni Balocci dan Tondong.’’ tandasnya.

Senada dengan hal itu. Ridwan Mustakim, Sekertaris Petani Porang Hebat Kabupaten Pangkep menuturkan, upaya pendataan dan pengelompokan petani porang di dua kecamatan tersebut. Dilakukan, selain untuk melembagakan juga menggerakkan agar petani atau masyarakat memiliki wadah, serta minat kolektif untuk memperjuangkan tanaman bernilai emas itu lewat upaya budi daya kelompok.

‘’Dengan demikian, para petani porang kita akan terinstitusi atau terlembagakan lewat hadirnya komunitas ini, kita yakin dan percaya. Jika program ini berjalan dan sesuai yang kita harapkan. Maka, petani kita akan makin sejahtera. Hal ini saya pikir tentu sangat sejalan dengan Visi Pangkep Hebat,’’ Kata Ridwan.

Selain itu kata Dia. Melalui upaya pengorganisiran ini. Segalanya akan lebih mudah dan membuat petani bisa mandiri dan bersemangat untuk bertani porang.

”Tentu, bukan saja akses informasi yang akan lebih mudah didapatkan para petani kita nantinya, sekaitan nilai ekonomis, manfaat dari tanaman satu ini. Akan tetapi juga pada ilmu, metode, jaminan pemasaran dan juga penguatan kolektif, insya Allah dengan hadirnya komunitas ini. Semoga petani kita akan lebih giat dan semangat dalam bertani Porang’’ tambah Ridwan. Sementara itu, Kadir Emo selaku PJ Petani Porang Hebat mengungkapkan bahwa hadirnya Petani Porang Hebat di Pangkep, sesuai dengan Program Visi Misi Bupati dalam mewujudkan dasa cita Pangkep Hebat, khususnya program Pangkep Sejahtera. Kata Kadir, usai kunjungan kedua Petani Porang Hebat kepada Media ini, Sabtu (19/6/2021). Penulis: Sulaeman