KPU: 60 Kandidat Pilkada Serentak Positif Covid-19

0 Komentar

Positif Covid-19. Ilustrasi. Ist

UPOS.ID, JAKARTA – Komosi Pemilihan Umum (KPU) menyampaikan ada penambahan kasus positif Covid-19 terhadap bakal pasangan calon Pilkada Serentak 2020.

Ketua KPU Arief Budiman menyebutkan, ada 60 calon yang dinyatakan positif Covid-19 melalui tes PCR yang disampaikan setiap bapaslon saat mendaftarkan diri pada Jumat (4/9) hingga Minggu (6/9).

“Data calon yang dinyatakan positif saat pemeriksaan swab test, laporan sampai dengan hari ini jumlahnya mencapai 60 calon dinyatakan positif Covid-19,” kata Arief dalam Rapat Kerja Komisi II DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (10/9) kemarin.

Sebanyak 60 calon yang positif, kata Arif, berasal dari 21 provinsi yang didapat dari hasil tes swab yang dilakukan di 32 provinsi yang melangsungkan pilkada.

Untuk diketahui, KPU mewajibkan setiap bapaslon Pilkada Serentak 2020 menjalani tes PCR sebelum mendaftar. Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 Tahun 2020 mewajibkan para bapaslon menyerahkan hasil tes tersebut saat pendaftaran.

PKPU itu melarang kandidat yang positif Covid-19 langsung melanjutkan ke tahap berikutnya. Kandidat itu diwajibkan menjalani penanganan Covid-19 hingga dinyatakan negatif. Setelah negatif, kandidat tersebut baru diperbolehkan melanjutkan tahap pendaftaran.(*)

Sumber : CNNIndonesia
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment