Manfaatkan SNSD, Novel “Shine” Karya Jessica Jung Tuai Kritik

0 Komentar

UPOS.ID, MAKASSAR – Novel Shine milik Jessica Jung tuai kritikan dikalangan K-Popers, jelang rilisnya pada 29 September mendatang.

Novel yang akan mendebutkan Jessica Jung sebagai penulis menuai kontroversi karena dinilai akan mengekspos kehidupan member SNSD dan fakta penyebab Jessica keluar dari girl group yang membesarkan namanya.

Mendekati jadwal rilis, novel kakak kandung jadi Krystal Jung ini, menuai banyak kritikan contohnya pada gambar sampul novel juga dinilai memiliki unsur SNSD seperti gambar pada sampul versi Thailand yang berisi light stick resmi SNSD yang dirilis setelah ia meninggalkan girl group tersebut.

Tak sampai di situ, sampul versi Brasil juga dinilai menunjukkan kesamaan gambar pada single digital SNSD ‘That Summer’ dan juga mirip dengan album kedua SNSD ‘Oh!’.

Menanggapi hal ini, netizen juga berbondong-bondong untuk berkomentar.

“Aku tidak mengerti mengapa Jessica memilih gambar sampul ini ynag membuat orang menghubungkannya SNSD dengan novel yang dibuat,” komentar netizen.

Dilansir dari Allkpop novel Shine berfokus pada Rachel Kim seorang gadis Amerika-Korea yang mengejar mimpinya hingga di negeri Korea untuk menjadi bintang K-pop. Novel ini juga akan berkisah tentang kehidupan para trainer (anggota pelatihan) hingga kisah cinta Rachel dengan artis papan atas, Jason Lee.

Pihak perwakilan penerbit yang dikutip dalam Yonhap News (18/9/2020) mengatakan bahwa novel ini akan berkisah tentang realisme kehidupan seorang bintang K-pop dalam dunia hiburan.

“Novel karya Jessica dituliskan dengan realisme kehidupan seorang bintang K-pop yang menjalani proses pelatihan lama, penilaian keras dari orang-orang, rutinitas yang ketat, rasa isi yang seolah taka da habisnya, sarat perlakuan tidak adil yang dialami bintang perempuan,” katanya.

Tak hanya kritikan, Jessica Jung juga banyak mendapat banyak pembelaan dari netizen dilaman twitter.

“Shine itu novel fiksi yang BERDASARKAN KISAH NYATA. Artinya, ada yang sengaja di dramatisir, ada yang emang asli begitu adanya. apakah kita akan tau mana yang asli mana yang sengaja didramain? KAGAK BAKAL,” tegas aku ber user @yolatrica_ (*)

Penulis : Elvira Sirenden (mg)
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment