Diperpanjang Hingga Desember 2020, Ini Syarat Penerima BLT UMKM 2,4 Juta

0 Komentar

Ilustrasi. Ist

UPOS.ID, JAKARTA – Pemerintah memutuskan memperpanjang pemberian BLT bagi UMKM atau dikenal dengan program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif senilai Rp2,4 juta per penerima. Perpanjangan diberikan sampai Desember 2020.

“(BLT UMKM) jadi sampai dengan Desember,” ujar Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman dikutip dari CNNIndonesia, Rabu (7/10).

Lebih lanjut dia meminta pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk mengajukan data calon penerima ke Kemenkop UKM. Permintaan itu secara khusus ia sampaikan ke pemerintah daerah di kawasan timur Indonesia yang masih minim pemberian bantuannya.

“Data harus sudah kami terima akhir November,” katanya.

Menurut Hanung, perpanjangan sengaja diberikan karena masih ada permintaan yang tinggi terhadap BLT UMKM. Selain itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sudah menyetujui perpanjangan program.

“Sudah ada juga penambangan pagu jumlah penerima dari Kementerian Keuangan dari 9,16 juta menjadi 12 juta orang,” jelasnya.

Adapun syarat yang harus dipenuhi agar bisa mendapat BLT UMKM, adalah sebagai berikut:

Pertama, calon penerima merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Kedua, memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) di Kartu Tanda Penduduk (KTP). 

Ketiga, memiliki usaha berskala mikro. Keempat, sedang tidak menerima program kredit atau pembiayaan dari pihak lain, seperti bank dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Kelima, bukan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS, anggota TNI, maupun Polri. Keenam, melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU) bagi pelaku usaha yang memiliki KYP berbeda dengan alamat domisili usaha.(*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment