Taman Literasi KNPI Maros Bangun Kerjasama dengan Penerbit Subaltern

0 Komentar

UPOS.ID, Maros — Taman Literasi dan Perpustakaan Digital yang digagas oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Maros membangun kerjasama dengan Penerbit Subaltern yang berpusat di Makassar. Kedua sepakat membangun kerjasama di bidang literasi guna mensupport ide Maros Kota Literasi yang saat ini Ranperdanya mandek di legislatif.

Penggagas Maros Kota Literasi yang juga inisiator Taman Literasi, Rizal Pauzi mengatakan, kerjasama ini untuk menumbuhkan semangat dan tradisi literasi yang berfokus pada pemuda Maros. “Kami menyambut baik niat penerbit Subaltern yang siap menyumbangkan buku-buku yang diterbitkannya ke taman literasi ini. Kedepannya, setiap kali terbitannya selesai, bukti terbitnya akan ikut diarsipkan di taman literasi ini,” papar Rizal yang juga Sekretaris KNPI Maros ini.

Selain itu, karena adanya pendokumentasian terbitan Subaltern di Taman Literasi, maka taman literasi KNPI Maros akan mengadakan bedah buku masing-masing buku. “Jadi sifatnya saling Support-lah. Subaltern produksi bukunya, taman literasi hadirkan diskusinya,” tutur Rizal.

Founder Penerbit Subaltern, Supratman Yusbi Yusuf, menambahkan, kerjasama yang dibangun diharap dapat membangun kesadaran para penikmat literasi. “Ini adalah apresiasi terhadap gerakan literasi yang dibangun teman-teman di Maros. Sehingga, kami terpanggil untuk saling mensupport,” tandasnya.

Kata dia, Subaltern memang fokus untuk membangun tradisi literasi dan membantu para pekarya dalam memperkenalkan karya-karyanya. “Dengan hadirnya taman literasi ini, kami rasa sejalan dengan visi yang kami usung,” katanya.

Taman Literasi ini berdiri di Jalan Poros Makassar, tepatnya di depan kantor Camat Mandai.

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment