Peringati Maulid Nabi, Pengurus Anak Ranting NU Jatisawit Gelar Acara Pembacaan Kitab Al-Barzanji

0 Komentar

UPOS.ID – Beragam wujud kecintaan masyarakat Muslim di Indonesia, khususnya warga Aswaja An-nahdliyah dalam memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW.

Umumnya acara Maulid dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya lewat pembacaan kitab Al Barzanji, karangan Imam Ja’far bin Hasan Al- Barazanji.

Hal tersebut yang juga dilakukan oleh pengurus NU Jati Sawit, Sleman, pada Minggu (1/11) Kemarin.

“Kita mengharapkan keberkahan melalui pembacaan Riwayat Nabi SAW, lewat acara dan pembacaan kitab Al-Barazanji ini diharapkan mampu menjadi stimulus bagi pengurus NU Jatisawit untuk terus bergerak, mensyiarkan atau membesarkan NU sebagai organisasi kemasyarakatan dari akar rumput,” beber Mustaqim, Ketua Tanfiziyah NU Jatisawit, Sleman.

Selain membaca kitab Al-Barazanji secara bersama-sama. Acara Maulid Nabi itu juga diisi dengan berbagai dzikir, doa-doa atau Shalawat kepada Baginda Rasulullah SAW, dan sekaligus juga mendoakan keselamatan Bangsa Indonesia secara umum.

Mustaqim menambahkan bahwa dalam upaya antisipasi penyebaran pandemi Covid-19 yang masih tergolong tinggi di Indonesia.

“Kegiatan ini tentu saja dilaksanakan dengan tetap mematuhi standar protokol kesehatan,” tambah Mustaqim

“Para jamaah tetap menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan selama acara tidak diperkenankan untuk bersalaman,” kata Mustaqim


Sementara itu Ustadz Misbahul Munir selaku Rois Syuriyah Anak Ranting Jatisawit mengutara bahwa pembacaan kitab Al Barzanji ini adalah cara untuk mengingat kembali masa-masa dulu ketika perkumpulan orang tua kita dipenuhi dengan berbagai shalawat.

Acara ini dihadiri pula oleh pengurus PW NU DIY, yaitu Kiai Ahmad Rofiq yang juga merupakan warga Jatisawit. Dalam kesempatannya beliau mengatakan bahwa acara semacam ini harus terus berlanjut sebagai proses membesarkan NU di Masyarakat.

Penulis : Sulaeman
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment