Kades Garuntungan Berhentikan 7 Perangkat Desa Sekaligus

0 Komentar

SK pemberhentian 7 perangkat Desa Garuntungan sekaligus.

UPOS.ID, BULUKUMBA – Kepala Desa Garuntungan, Kecamatan Kindang, Bulukumba, Misbang memberhentikan perangkat desanya sebanyak 7 orang sekaligus.

Misbang beralasan, memberhentikan ketujuh aparat desanya karena adanya rekomendasi dari Camat Kindang, H. A Awaluddin.

“Saya berhentikan 7 aparat saya karena ada rekomendasi pemberhentian dari Camat Kindang, yang sebelumnya saya mengajukan surat pemberhentian ketujuh orang itu ke Camat Kindang,” katanya saat dikonfirmasi, Rabu (18/11/2020).

Iapun menjelaskan, alasan pengusulan pemberhentian ketujuh aparatnya karena selama 60 hari kerja tidak pernah masuk berkantor, padahal sudah 3 kali diberi surat teguran.

“Alasan saya jelas berhentikan aparat kami, karena selama 60 kerja tidak pernah masuk kantor dan sudah 3 kali diberi surat teguran yang tidak pernah digubris bersangkutan,” jelasnya

Namun terkait hal tersebut, beredar informasi di kalangan masyarakat Desa Garuntungan, pemberhentian ketujuh orang perangkat desa diduga dampak beda pilihan pada pemilihan kepala desa yang lalu.

Dan alasan aparat desa tidak masuk kantor, sebab kantor desa sengaja dipindahkan ke rumah kepala desa agar aparat desa yang jadi lawan politiknya kemarin malu berkantor, padahal ada kantor desa.

Terpisah, Camat Kindang, A.Awaluddin yang dikonfirmasi mengatakan, memberi rekomendasi pemberhentian ketujuh aparat Desa Garuntungan itu permintaan dari kepala desa melalui surat pengusulannya.

Dimana pada surat pengusulan pemberhentian itu disertai bukti-bukti seperti, absensi, surat teguran, beserta berita acara pemberhentian yang telah ditandatangani BPD.

“Kami beri rekomendasi pemberhentian aparat Desa Garuntungan karena adanya surat pengusulan dari kepala desa, yang disertai buktbukti. Jadi tidak alasan untuk tidak beri rekomendasi,” jelasnya.

Sementara itu, Kadis DPMD, A. Kurniady mengaku tidak mengetahui terkait pemberhentian aparat Desa Garuntungan. Sebab kata dia, tidak ada konfirmasi masuk Ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sebelumnya.

Kendati demikian menurutnya, jika memang benar Kepala Desa Garuntungan memberhentiaan 7 orang perangkatnya, Hal tersebut dianggap prontal.

“Kepala desa Garuntungan ini prontal memberhentikan 7 orang perangkat desa Sekaligus, walaupun memenuhi unsur, tapi tidak begitu caranya. Dia itu (Kepala desa red ) seharusnya Konsultasi ke tingkat atasnya yaitu DPMD, tapi ini tidak ada konfirmasinya. Biasanya kalau ada muncul masalah atau riak baru melapor Ke PMD,” cetusnya.

Untuk diketahui ketujuh orang Perangkat desa yang diberhentikan berikut nama- nama dan jabatannya:
1. Riska Yuliana : Kasi Pemerintahan
2. Indrawati : Kasi Pelayanan
3. Ramli S.pd.i : Kasi Kesejahteraan
4. Samsul Bahri : Kaur TU dan Umum
5. Baharuddin : Kadus Borongganjeng
6. Harianto, S.Pd : Kadus Dapurua
7. Abd Rahman : Kadus A’Nisia

Penulis : Dirman
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment