Survei Pilkada Bulukumba: Tommy-A. Makkasau dan Muchtar-A. Edy Bersaing Ketat

0 Komentar

Rilis survei Insert Institute.

UPOS.ID, MAKASSAR  – Sisa 9 hari lagi Pilkada serentak lembaga survei Insert Institute mengeluarkan hasil survei calon Bupati Kabupaten Bulukumba, di Black Canyon, Senin (30/11/2020).

Berdasarkan hasil survei, elektabilitas paslon nomor urut tiga, Tomy Satria Yulianto -Andi Makkasau unggul 35,63 persen selisih tipis 1.25 persen dengan paslon nomor urut empat, Muchtar Ali Yusuf – A. Edy Manaf 34,38 persen.

Sementara pasangan nomor urut dua, Askar HL – Arum Spink berada di posisi ke tiga dengan presentase 24,50 persen.

Pasangan Andi Hamzah Pangki – A. Murniyati, nomor urut satu diposisi terakhir dengan perolehan sementara 3.38 persen.

Persentase masyarakat yang tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 2,13 persen.

Direktur riset dan data Insert Institute, Reskiyanti mengatakan, survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan responden sebanyak 800 dengan margin of error 3,46 persen.

“Ini dilakukan pada 24-30 November 2020, setiap hari data yang masuk langsung kami input kemudian langsung diolah setiap kecamatan berdasarkan sebaran responden. Sebarannya berdasarkan data jumlah pemilih,” ujarnya.

Hasil survei ini menjadi alat ukur dan bahan evaluasi bagi setiap kandidat, ini juga bisa saja akan berubah jelang pemilihan 9 Desember nanti.

“Untuk Bulukumba bisa saja berubah karena nilainya masih rawan,” pungkasnya.

Salah satu faktor minat pemilih untuk memilih paslon Bupati Bulukumba berdasarkan latarbelakang profesinya. Sehingga potensi money politik di Bulukumba bisa saja terjadi jelang pemilihan 9 Desember nanti.

“latarbelakang profesi pengusaha lebih banyak diinginkan masyarakat dibanding politisi. Bisa jadi politik uang dapat mempengaruhi pemilih untuk memilih calon bupati Bulukumba, sebab berdasarkan presenrase pemilih yang diberikan uang besarannya 15, 38 persen, sementara yang memilih dengan hati nurani hanya 6,75 persen,” ungkapnya.(*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment