Jelang Pencoblosan, Survei Elektabilitas Appi-Rahman Kalahkan ADAMA

0 Komentar

Rilis survei Pilwalkot Makassar 2020 oleh Tiga Roda Konsultan.

UPOS.ID, MAKASSAR – Jelang pencoblosan, tepatnya minggu terakhir masa kampanye, Roda Tiga Konsultan merilis survei elektabilitas pasangan calon yang bertarung di Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Makassar tahun 2020.

Survei tersebut dilakukan pada 14-15 November 2020, dengan menggunakan metode multistage random sampling terhadap 820 responden yang tersebar secara proporsional di 15 kecamatan se-Kota Makassar, dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 3,53 %.

Adapun elektabilitas dari empat pasangan calon yang bertarung berdasarkan hasil survei Roda Tiga, paslon nomor urut 1 Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (ADAMA) meraih 33,2 %, kemudian ada paslon 2 Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando (Appi-Rahman) 33,6 %, nomor urut 3 Syamsu Risal-Fadli Ananda (DILAN) 10,7 % dan paslon nomor urut 4 Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun 3,8 %.

“Jika pemilihan dilakukan hari ini, maka sudah pasti berdasarkan temuan survei kami, padangan nomor urut 2 Appi-Rahman adalah pemenang di Pilwalkot Makassar,” ungkap Direktur Roda Tiga Konsultan, Taufiq dalam pemaparan rilis seurveinya di Hotel Gammara, Rabu (2/12).

Berdasarkan survei yang dilakukan Roda Tiga Konsultan sebanyak empat kali, tren survei Appi-Rahman menunjukkan tren yang sangat baik sehingga di survei keempat mampu menyalip ADAMA yang di survei sebelumnya unggul atau berada di posisi top survei.

“Dari empat kali survei yang kita lakukan tren Appi-Rahman terus naik, sementara ADAMA menurun. Makanya itu saya yakin, jika tak ada kejadian heboh misalnya, pasangan nomor urut dua inilah pemenangnya,” jelas Taufiq.

Kemudian, lanjut dia, penyebab dari tren elektabilitas yang akhirnya menempatkan Appi-Rahman di top survei adalah metode kampanye yang dilakukan duet Pengusaha-Birokrat itu.

“Ada banyak faktor pengaruh kenapa akhirnya Appi-Rahman unggul di survei ini. Tentu karena metode kampanye yang dilakukan pasangan itu. Juga jualan program mereka yang diinginkan masyarakat,” tandasnya.

Penulis : Majid
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment