Survei Fixpoll: ADAMA 34,6%, Appi-Rahman 38,5% DILAN 11,6% dan IMUN 4,7%

0 Komentar

Rilis survei Fixpoll untuk Pilwalkot Makassar 2020.

UPOS.ID, MAKASSAR – Jelang pencoblosan Pemilihan Wali Kota Makassar tahun 2020 yang terhitung kurang dari satu minggu lagi, Lembaga riset Fixpoll merilis survei elektabilitas terhadap empat pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar.

Riset tersebut dilakukan pada 18-23 November 2020 terhadap sebanyak 840 responden dengan menggunakan metode multistage random sampling, tingkat kepercayaan 95% dan margin of error 3,5%

Adapun hasilnya, Fixpoll mencatat, pasangan nomor urut 1 Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi (ADAMA) 34,6%, nomor urut 2 Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando (Appi-Rahman) 38,5%, nomor urut 3 Syamsu Risal-Fadli Ananda (DILAN) 11,6%, dan nomor urut 4 Irman Yasin Limpo-Zunnun NH (IMUN) 4,7%. Kemudian ada 10,6% masyarakat yang tidak menjawab.

“Hasil tersebut kita lakukan dengan mananyai langsung responden, jika pemilihan dilakukan harini siapa yang anda pilih? Dan hasilnya yang unggul pasangan nomor urut 2, Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando,” papar Anas Rajandi, di Holel Melia, Makassar,” Sabtu (5/12).

Lanjut Anas, Fixpoll sebelumnya juga telah melakukam survei pertama pada 19-24 September 2020 sehingga dapat dilihat seperti apa trend elektabilitas empat pasangan calon yang ada. Hasil survei pertama mencatat, ADAMA 36,3%, Appi-Rahman 32,1%, DILAN 11,1% dan IMUN 5,7%.

Menurut Anas untuk trend elektabilitas, ADAMA trendnya merosot, Appi-Rahman naik secara drastis, DILAN dan IMUN cendrung stagnan.

“Banyak isu negative campaign yang membuat pasangan nomor urut satu suaranya tergerus, sementara yang nomor urut dua terbilang cukup dapat meyakinkan masyarakat dalam masa kampanye ini. Kita juga mencatat kalau hasil debat juga menjadi faktor tren baik dari Appi-Rahman,” jelasnya.

Untuk diketahui, Fixpoll merupakan lembaga survei nasional yang telah terverifikasi di KPU RI. Fixpoll juga pernah dipercaya menjadi salah satu lembaga survei yang melakukan quick count di Pilpres 2019.

Penulis : Majid
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment