NewsBuka Musda V LDII, Sekretaris Daerah Bone Ajak Berkolaborasi Bukan Berkompetisi

Buka Musda V LDII, Sekretaris Daerah Bone Ajak Berkolaborasi Bukan Berkompetisi

UPOS.Id, BONE – Bupati Bone yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Bone Drs Andi Islamuddin MH secara resmi membuka Musyawarah Daerah (Musda) ke-V Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Bone di Baruga La Tea Riduni Rumah Jabatan Bupati Bone, Jalan Petta Ponggawae, Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Senin (12/12/2022).

Bupati Bone dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Bone Drs Andi Islamuddin MH menyampaikan, Musda LDII adalah kegiatan strategis. “Ini merupakan kegiatan yang sangat penting dan strategis dalam memantapkan ukhuwah bagi organisasi LDII yang tetap eksis sampai saat ini dan merupakan salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia,” ujarnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bone Drs Andi Islamuddin MH berujar, tadi Ketua DPW LDII Provinsi Sulawesi Selatan dalam sambutan menyampaikan bahwa LDII tidak mau bertanding tetapi mau bersanding. “Maka saya pertajam lagi, yaitu tidak ada kompetisi tetapi yang ada adalah kolaborasi,” ujar Sekda Bone.

Kalau semua ormas yang ada di Kabupaten Bone ini berkolaborasi dalam memberikan kontribusi, Insya Allah manfaatnya bisa diterima oleh masyarakat. “Selanjutnya, atas nama Pemerintah Kabupaten Bone saya ucapkan selamat atas pelaksanaan Musda ke-5 LDII Kabupaten Bone. Semoga kepengurusan yang akan datang dapat melaksanakan amanah dan semakin memperkuat kedudukan strategis LDII di Kabupaten Bone,” tutur Sekda Bone.

Sekda berpesan, LDII sebagai salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia harus memposisikan diri sebagai subjek strategis dalam kehidupan umat Islam di Indonesia termasuk di Kabupaten Bone. “Dengan akar organisasi yang kuat, maka seharusnya LDII memainkan peranan yang lebih besar dalam menjaga keutuhan bangsa Indonesia dan tegaknya akidah islam sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW,” ungkapnya.

Musda LDII Bone bertema “Mewujudkan SDM Unggul dan Religius untuk Bone yang Mandiri, Berdaya Saing, dan Sejahtera”. Hadir dalam pembukaan Musda LDII Bone, Sekda Bone Drs Islamuddin MH, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bone, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bone Drs Andi Sumardi Suaib MM, Ketua DPW Andi Sulawesi Selatan Dr Ir Abri MP, Ketua LDII Bone masa bakti 2016-2021 Drs Masjaya SSos MSi, Ketua Panitia Musda LDII Bone Andi Ilham Juliawan SIP MM, yang mewakili Kapolres Bone, yang mewakili Dandim Bone, camat, kapolsek, danramil, warga LDII, dan ratusan tamu undangan lainnya.

Sementara itu, Ketua DPW LDII Provinsi Sulawesi Selatan Dr Ir Abri MP dalam sambutannya menjelaskan, selama ini jajaran pimpinan LDII telah mengupayakan agar LDII berpartisipasi aktif dalam pembangunan di Indonesia. “Bukan saja pada klaster atau bidang keagamaan dan dakwah yang menjadi ruang lingkup LDII. Tetapi juga merambah ke tujuh klaster lainnya yaitu kebangsaan, ekonomi, pendidikan, teknologi digital, kesehatan, energi, dan pangan,” sebut Abri.

LDII dalam rangka membangun umat, maka paradigmanya adalah bersanding. Bukan bertanding dan juga bukan bersaing. Kami berharap pengurus DPD LDII memiliki komitmen untuk meningkatkan dan memantapkan kualitas serta keberadaan LDII. “Sehingga dapat berperan sebagai salah satu elemen kekuatan pembangunan di Kabupaten Bone,” ujarnya.

Momentum Musda ke-V LDII Bone sangat penting dan memiliki nilai strategis untuk memastikan agar roda organisasi senantiasa berjalan dengan baik dan mampu bersanding dengan organisasi lain. “Semoga Musda berjalan dengan tertib, aman, dan lancar serta menghasilkan program-program yang inovatif dan solutif,” ujar Abri.

Siapapun nanti yang terpilih sebagai pengurus DPD LDII Kabupaten Bone semoga dapat membawa LDII lebih baik lagi kedepannya. “Memberikan kontribusi untuk membantu pemerintah dalam pembangunan bangsa dan negara kita,” ungkap Abri.

Di dalam pelaksanaan Musda, diselenggarakan diskusi panel dengan menghadirkan sejumlah pemateri. Hadir Pasi Intel Kodim 1407/Bone Kapten Inf Sulaeman SSos yang menyampaikan materi “Hak dan Kewajiban Bela Negara”. Kabag Ops Polres Bone Kompol Andi Muh Syafei SSos MH menyampaikan materi “LDII Bisa Menjadi Rahmatan Lil Alamin”. Disamping itu, Kasubag program Kementerian Agama Kabupaten Bone, Ahmad Yani SAg MAg menyampaikan materi “Moderasi Beragama”.

Selain itu, Staf intelijen Kejaksaan Negeri Bone, Sitti Wahyuni Artini ST MIKom menyampaikan materi kejahatan siber (cyber crime). Adapun Wakil Ketua DPW LDII Provinsi Sulawesi Selatan Dr Sanusi Fattah SE MSi menyampaikan materi “Pentingnya Mewujudkan SDM yang Unggul dan Religius”.

Di akhir Musda, Masjaya SSos MSi terpilih secara aklamasi menjadi Ketua DPD LDII Kabupaten Bone bakti 2022-2027. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita Terbaru