NewsBule Mancanegara Tidak Tertib, Ketua PD KMHDI Bali Desak Pemerintah Tegas

Bule Mancanegara Tidak Tertib, Ketua PD KMHDI Bali Desak Pemerintah Tegas

Beberapa pekan terakhir, Provinsi Bali kembali diresahkan oleh beredarnya video wisatawan mancanegara yang berkendara secara ugal ugalan di jalan raya.

Kejadian ini bukanlah kali pertama Provinsi Bali menghadapi persoalan wisatawan mancanegara yang viral di media sosial, hal ini diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan dari wisatawan mancanegara tentang hukum yang ada di Indonesia, serta norma norma yang ada di Provinsi Bali.

Ketua Pimpinan Daerah KMHDI Bali, Putu Esa Purwita, S.Pd. pun menyampaikan sedikit peristiwa yang pernah viral lantaran ulah dari wisatawan mancanegara. “Kita sudah pernah dihebohkan oleh adanya wisatawan mancanegara yang melecehkan tempat suci, berkelahi dengan masyarakat lokal, serta tidak menaati aturan berkendara seperti tidak memakai helm, tidak memakai baju, serta berkendara dengan kecepatan tinggi”, ujarnya.

Putu Esa juga mendesak Pemerintah Provinsi Bali untuk menyelesaikan permasalahan seperti ini dengan meningkatkan tindakan preventif dan kuratif. ” Pemerintah haruslah meningkatkan tindakan preventif dan kuratif untuk menanggulangi masalah-masalah ini, preventif yang dimaksud adalah upaya edukasi kepada wisatawan mancanegara, baik itu berupa aturan yang berlaku yang disampaikan oleh guide yang menghandle wisatawan mancanegara tersebut yang tentunya melalui pengawasan dari Dinas Pariwisata Provinsi Bali.

Kurangnya proses kuratif pun juga masih nyata adanya, bisa dilihat dari banyaknya wisatawan mancanegara yang melanggar aturan lalu lintas di banyak tempat wisata di Bali”, Ungkapnya.

Pihak Kepolisian di Provinsi Bali perlu lebih menindak tegas jika terjadi pelanggaran oleh wisatawan mancanegara, tak terkecuali juga masyarakat Indonesia yang melanggar aturan lalu lintas, karena bisa saja wisatawan mancanegara mencontoh masyarakat Indonesia yang juga melanggar namun tidak ditindak tegas.

Putu Esa juga mempertegas bahwasannya pasca pandemi Covid-19 sangat jarang ditemui operasi Razia lalu lintas yang tentunya perlu ditingkatkan untuk menanggulangi pelanggaran lalu lintas oleh wisatawan mancanegara.

“Tidak kalah pentingnya, proses mengurus surat izin mengemudi bagi wisatawan mancanegara perlu untuk mendapatkan pengawasan ekstra karena jika proses memperoleh surat izin mengemudi terlaksana dengan baik tentunya persoalan melanggar hukum ataupun norma-norma lainnya akan mampu diatasi”. Tegas Esa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita Terbaru