PendidikanDepartemen HAN dan Departemen HTN FH Unhas Sukses Gelar Bedah Buku Pengantar...

Departemen HAN dan Departemen HTN FH Unhas Sukses Gelar Bedah Buku Pengantar Hukum Administrasi Negara Karya Fajlurrahman Jurdi

Upos.id, Makassar- Departemen Hukum Administrasi Negara dan Departemen Hukum Tata Negara Fakultas Hukum UNHAS menyelenggarakan Dsikusi Bedah Buku Pengantar Hukum Administrasi Negara Karya Fajlurrahman Jurdi yang dilaksanakan di Aula Pof. Dr. Baharuddin Lopa Fakultas Hukum UNHAS pada kamis (2/10/2023). Kegiatan itu juga dilaksanakan dengan berkolaborasi dengan Pimpinan Komisariat IMM Fakultas Hukum UNHAS sebagai pelaksana dan pengisi acara.

 Acara tersebut menghadirkan pembedah dan ahli di bidang Hukum Administrasi Negara, yakni Dr. Romi Librayanto S.H.,M.H., (Ketua Departemen/Dosen Pengajar Hukum Administrasi Negara Universitas Hasanuddin), dan Dr. Nurwahid, S.Sos., M.Si (Ketua Prodi Administrasi Negara Universitas Muhammadiyah Makassar) serta Ratusan Mahasiswa Fakultas Hukum UNHAS sebagai peserta.

Dalam Rangkaian Acara itu, Fajlurrahman Jurdi selaku Penulis Buku menyampaikan bahwa karya itu merupakan salah satu dari puluhan karyanya yang akan cukup laku, oleh karena berbagai macam faktor dan aspek aspek dalam hal penerbitan suatu karya begitu diperhatikannya.

“Buku ini ketika ditulis saya begitu berhati hati dalam mempertimbangkan bagaimana korelasi antara 15 bab dan tema temanya, sebab yang terpenting juga bukan persoalan bagaiamana menulis dan menerbitkannya saja tapi persoalan bagaimana orang mau membaca buku ini, makanya bahkan penggunaan huruf, warna sampul, dan gambarnya itu benar benar memperhitungkan banyak Aspek” Pungkasnya.

Berlanjut ke acara pembedahan, dimulai oleh Dr. Romi Librayanto S.H.,M.H. iya menyampaikan bahwa buku ini punya potensi pasar yang lebih luas oleh karena muatannya ini mencakup tidak pada hukum administrasi saja, namun juga dari segi administrasi secara lebih meluas.

“Dari segi penggunaan judul saja dapat kita lihat,  kata Hukum dalam judul itu di perjelas dengan tulisan berwarna merah sebenarnya ini bisa kita artikan bahwa pada dasarnya bukan mengacu pada sisi hukum saja, tapi dari segi administrasi itu juga baik administrasi negara atau administrasi Publik”. Jelas pakar HAN FH Unhas ini.

Demikian juga yang disampaikan oleh Dr. Nurwahid, S.Sos., M.Si. sebagai Pembedah yang Kedua. Iya menyampaikan buku ini dapat menjadi acuan bagi akademisi akademisi Administrasi, pemahaman tentang Hukum Administrasi dan Ilmu Administrasi ini punya perbedaan yang Krusial dari segi muatan materi

“Pemahaman tentang Hukum Administrasi dan Ilmu Administrasi ini punya perbedaan yang Krusial dari segi muatan materi, dan buku ini dapat menjadi acuan bagi kita akademisi akademisi Administrasi tentu saja terlebih dalam hal penguatan dari segi yuridisnya”. Jelasnya.

Acara sesi tanggapan dan tanya jawab, di mana terdapat tiga penanya yang diberi kesempatan menyampaikan pertanyaannya. Terakhir Fajlurrahman Jurdi menyampaikan bahwa semua masukan dan kritikan dalam karya ini telah dicatat sebagai bahan persiapan bukunya untuk edisi revisi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita Terbaru