Upos.id, Kolaka – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Ekonomi (FISIE) Universitas Sembilan November (USN) Kolaka menggelar kegiatan kewirausahaan dan talkshow yang bertajuk Building a Generation of Creative Entrepreneurs. Acara ini berlangsung pada tanggal 1 Oktober 2024 di halaman FISIE USN Kolaka dan menghadirkan narasumber dari Universitas Hasanuddin, Rizal Pauzi serta dihadiri oleh pimpinan fakultas, dosen, staf, ketua dan pengurus BEM Universitas dan BEM Fakultas serta mahasiswa. Adapun Talkshow ini dipandu oleh Dosen FISIE, Muhammad Hidayat Djabbari.
Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dan wawasan kewirausahaan guna menghadapi tantangan ekonomi kreatif di era digital.
Dekan FISIE USN Kolaka, Kartomo dalam sambutannya menyampaikan pentingnya kegiatan ini dalam mengembangkan potensi mahasiswa menjadi wirausahawan yang kreatif dan inovatif.
“Kami ingin mempersiapkan mahasiswa untuk siap bersaing di dunia kerja yang dinamis dan terus berubah. Melalui kegiatan ini, kami berharap mereka dapat menggali potensi wirausaha dan membangun mentalitas mandiri yang kreatif,” ujarnya.
Sementara itu, narasumber Talkshow, Rizal Pauzi, seorang dosen sekaligus pelaku usaha kreatif dari Universitas Hasanuddin, memaparkan tentang cara membangun ide yang inovatif dan branding kewirausahaan.
“Kunci dari wirausaha yang berhasil adalah kemampuan untuk terus berinovasi dan mampu melihat peluang kewirausahaan. Semangat kewirausahaan juga harus terus berlipat ganda”, jelasnya Direktur Matakita Grup ini.
Rizal menambahkan, agar prestasi akademik dan wirausaha tetap jalan beriringan. Maka perlu bidang usaha kita sejalan dengan keilmuan kita. Seperti FISIE ini, banyak usaha yang sejalan dengan keilmuan kita seperti lembaga riset, konsultan politik, jasa branding, konsultan keuangan dan berbagai produk kreatif lainnya.
“Kemampuan manajene, kerjasama dan kolaborasi yang dipelajari di kelas juga bs diterapkan dalam dunia bisnis” jelas Direktur Lembaga Riset Public Policy Network ini.
Acara Kewirausahaan dan Talkshow FISIPreneur ini juga menyiapkan produk kewirausahaan sebanyak 36 kelompak Mahasiswa dari semua program studi yang ada di FISIE USN Kolaka. Mahasiswa dari berbagai Fakultas antusias mengikuti kegiatan ini dan juga berbelanja produk yang dipamerkan.