BudayaJABAR JUARA ? JUARA KORUPSI!

JABAR JUARA ? JUARA KORUPSI!

Opini : DARLINGGA PRASETIO (BEM NUSANTARA JAWA BARAT)

Upos.id-Korupsi adalah suatu perbuatan yang dilakukan dengan sebuah maksud untuk mendpatkan beberapa keuntungan yang bertentangan dengan tugas resmi dan kebenaran-kebenaran lainnya. Korupsi merupakan perbuatan tindak pidana yang pelakunya disebut juga sebagai koruptor.

Di Indonesia sendri korupsi dianggap sebagai budaya dikalangan pemerintahan. Seolah menjadi hal yang lumrah di lakukan. Yang menyebabkan hal yang sangat berdampak kepada kehidupan masyarakat. Adanya korupsi dapat menimbulkan ketidak sejahteraannya masyarakat dalam kehidupan sosial. Bahkan dalam aspek pendidikan pun hari ini tidak sedikit anak-anak di Indonesia sendiri harus putus sekolah karna kendala ekonomi.

Yang seharusnya dalam ranah pendidikan pemerintah bisa hadir untuk meringankan biaya daripada anak-anak Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di tingkatan apapun. Dan adanya solusi pemerintah yang mewajibkan belajar mulai dari 9-12 tahun hari ini itu tidak terealisasikan dengan baik.

Tidak terealisasikannya program-program atau rancangan pemerintah hari ini bukan karna di sebabkan hanya karna masalah spele. Sejatinya masalah yang ada hari ini di karenakan masih banyaknya pegawai pemerintah yang melakukan praktik korupsi di wilayah apapun. Mulai dari kesejahteraan sosial, Lingkungan, Pendidikan, dan Bahkan sampai ke ranah kesehatan.

Melihat angka korupsi di Indonesia hari ini maka harus kita soroti juga dalam catatan provinsi di Indonesia. Sepanjang tahun 2004 – 2021 , KPK memublikasikan jumlah penindakan kasus korupsi berdasarkan provinsi di Indonesia. Dan sangat amat mencengangkan karena dalam publikasi yang dilakukan oleh KPK provinsi Jawa Barat berada di peringkat pertama dengan kasus paling tinggi se-Indonesia sebanyak 115 Kasus.

Berikut 5 Provinsi Terkorup di Indonesia berdasarkan publikasi KPK :

1. Jawa Barat: 115 Kasus

2. Jawa Timur: 103 Kasus

3. Sumatera Utara: 79 Kasus

4. Riau dan Kepulauan Riau: 68 Kasus

5. DKI Jakarta: 64 Kasus

Patut di soroti, Jawa Barat sebagai provinsi yang mempunyai tagline JABAR JUARA kali ini sungguh sangat menyedihkan karna harus Juara dalam ranah korupsi. Lantas mau sampai kapankah Jawa Barat mempertahankan kejuaraanya dalam renah korupsi ?

Demikian yang harus kita sama-sama kawal agar jabar terbebas dari catatan hitam tindak pidana korupsi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita Terbaru