DAERAHMengenal Lebih Dekat Sosok Agil Rumakat Calon Pemimpin SBT 2024

Mengenal Lebih Dekat Sosok Agil Rumakat Calon Pemimpin SBT 2024

BULA, UPOS.ID – Suksesi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 kini telah dimulai dengan ditetapkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024. Dimana dijadwalkan pemungutan suara pada 27 November 2024.

Masyarakat di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), tengah menimbang masing0masing figur atau kandidat dalam bursa pesra demokrasi lima tahunan itu. Meski endingnya perahu atau partai politik yang’mengusung, namun rekam jejak figur menjadi penilaian dalam ektabilitas masyarakat. Berikut ulasan singkat tentang sosok figur muda di Kabupaten SBT.

Menjadi seorang pemimpin daerah merupakan keinginan banyak orang. Karena bisa membuat kebijakan untuk memajukan daerah dengan memaksimalkan segala potensi yang ada. Figur-figur yang digadang bakal maju pada Pilkada Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) pada November 2024 mendatang yang telah lama bermunculan salah satunya adalah Agil Rumakat.

Bagi sejumlah masyarakat di Kabupaten SBT tak asing lagi ketika mendengar nama dari sosok Agil Rumakat, dan merupakan salah satu putra terbaik yang dimiliki oleh bumi bertajuk Ita Wotu Nusa.

Bang Agil sapaan akrabnya telah melanglang buana di Kabupaten SBT. Ia meniti karier sebagai Politisi yang punya sejumlah pengalaman dan pernah menjadi Ketua DPRD Kabupaten SBT hingga saat ini kembali dipercayakan masyarakat sebagai Wakil Ketua DPRD Periode 2019-2024. Meski begitu, semangatnya untuk ikut bertarung pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 mendatang, ternyata bukan main-main.

Pria kelahiran Negeri Kefing pada 6 Mei 1969, saat ini aktif sebagai Ketua DPD Partai Golongan Karya (Golkar). Hari-harinya pun tak terlepas dari kegiatan partai berlambang pohon beringin itu sehingga sebagian waktunya menghibahkan untuk partai dan terus mengawal setiap masukan dan aspirasi dari masyarakat. Sehingga, di tahun 2024 ini, dirinya termotivasi kembali untuk berbakti kepada negerinya ternyata telah lama ia mulai melirik untuk ikut mengambil bagian dari perhelatan Pilkada SBT dan siap menahkodai Kabupaten SBT lima tahun kedepanya.

Alumni jebolan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Pattimura Ambon berbekal pengalaman di dunia politik dan sukses meniti karier sebagai Anggota Legislatif di Daerah Pemilihan (Dapil) II Kabupaten SBT ingin mengabdikan diri sebagai pemimpin nomor satu di SBT.

Melihat beberapa tahun terakhir ini dukungan mengenai dirinya terus mengalir deras dari berbagai pihak, baik dari keluarga, rekan anggota DPRD, rekan Partai Politik, pengurus Partai Golkar serta masyarakat di SBT sendiri.

Agil Rumakat yang juga Founder BARAKAT (Barisan Agil Rumakat), ini mengatakan bahwa berkeinginan penuh untuk mengambil bagian dalam Pilkada SBT yang akan diselenggarakan pada november 2024 mendatang.

Ia mengaku menjadi bupati merupakan ladang perjuangan yang baru baginya nanti apabila terpilih baik dalam mengelola pemerintahan, pemerintahan Kapupaten SBT maupun insfrastrukturnya.

Sebagai salah satu anggota DPRD aktif di Kabupaten SBT periode 2019-2024 Agil Rumakat dikenal sosok yang enerjik, pekerja keras, gigih dan mudah bergaul. Bakat kepemimpinan dan kedisiplinan yang dimiliki mengantarkan Agil menjadi anggota DPRD sejak tahun 2005 sampai sekarang, dan tidak maju pada Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun ini. Namun di tengah karir yang melejit, Agil malah memutuskan untuk berhenti mencalonkan diri sebagai anggota DPRD dan memilih untuk mencalonkan diri sebagai calon Bupati di tanah yang Ia cintai yakni Kabupaten SBT.

Belum lama ini, diketahui sosok calon pemimpin muda asal Kabupaten SBT ini telah mendaftar di sejumlah partai politik dan saat ini berupaya untuk mendapatkan rekomendasi partai sebagai mesin utama dalam mencalonkan dirinya sebagai Nahkoda di Kabupaten untuk lima tahun mendatang.

Sepak terjang Agil Rumakat di dunia politik sejak menjadi anggota DPRD Kabupaten SBT empat periode. Rumakat, dalam pemetaan politik di Bumi Ita Wotu Nusa tidak diragukan lagi dimana dirinya selalu meraih perolehan suara terbanyak pada setiap perhelatan di Dapil II Kabupaten SBT.

Keseriusan yang dimilik oleh sosok Agil Rumakat setelah mengincarkan rekomendasi dari sejumlah Partai politik. Buktinya, Rumakat dengan mengembalikan sejumlah formulir berkas pencalonan di beberapa partai politik dengan waktu hanya satu minggu.

Seperti terlihat saat pengembalian formulir di Partai NasDem, Rumakat sangat berkomitmen untuk ikut pada perhelatan calon Bupati SBT. Segala hal yang berkaitan dengan kelengkapan administrasi telah terpenuhi tanpa ada kekurangan.

Saat pengembalian formulir di partai besutan Surya Paloh itu dirinya telah siap untuk menang pada Pilkada nantinya. “Saya masuk ke rumah Nasdem ini, seperti masuk ke rumah sendiri. Kenapa? Ternyata semangat restorasi yang digaungkan oleh partai Nasdem secara Nasional, itu pun menjadi bagian dari semangat saya,” kata Rumakat dengan penuh semangat di Sekretariat NasDem SBT pada Senin, (06/5/2024).

Sosok putra nelayan yang dibesarkan oleh alam Essiriun Goran Riun ini mengatakan, bahwa sebuah perjuangan tentunya tidak mudah dari segala hal yang ingin diraihnya, karena menurutnya meraih sebuah keinginan harus dilewati berbagai rintangan dan semangat yang besar.

“Seperti pepatah mengatakan, berakit rakit dahulu, berenang renang ke tepian, bersakit sakit dahulu bersenang senang kemudian, inilah moto hidup saya yang selalu saya sebagai pegangan hidup,” katanya.

Disisi lain, Rumakat yang juga dipercayakan sebagai Ketua Tim Pemenang Prabowo – Gibran pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Ketua Tim Pemenang  Abdul Mukti Keliobas – Idris Rumalutur dengan jargon (ADIL) pada Pilkada SBT 2020 memiliki segudang visi dan misi untuk memajukan masyarakat Kabupaten SBT baik secara ekonomi sosial dan kesejahteraannya.

Oleh karena itu, dengan berbagai pengalaman dan kematangannya dalam memenangkan setip perhelatan politik, Ia sangat beranikan diri maju sebagai calon Bupati SBT periode 2024-2029.

Menurutnya, banyak hal yang harus dilakukan untuk memajukan Kabupaten SBT, dengan berbagai potensi baik disektor pertanian, kelautan dan keanekaragaman hayati lainnnya tentu dapat dikelola dengan baik demi kesejahteraan masyarakat.

Ia menyebutkan, untuk itu perlu adanya kesamaan visi-misi antara masyarakat dan pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan daerah sehingga Kabupaten SBT yang sejahtera dapat tercapai ke depan.(**)

Editor : Redaksi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita Terbaru