Bulukumba, Upos.id – Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan, Abdul Kadir berkunjung ke RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Kabupaten Bulukumba, Jumat (20/01).
Kunjungan dilaksanakan dalam rangka memastikan seluruh pelayanan kesehatan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berjalan lancar.
“Kunjungan ini untuk melihat secara langsung dan memastikan bahwa pelayanan yang diterima oleh peserta JKN di rumah sakit berjalan dengan baik. Kami juga langsung berkomunikasi dengan peserta JKN menanyakan seperti apa kondisi yang dirasakan saat menerima pelayanan,” ujar Kadir.
Kadir menanyakan manfaat yang didapatkan peserta saat berobat dengan menggunakan kartu JKN, mulai dari tindakan dokter sampai saat pemberian obat untuk peserta JKN. Diharapkan tidak ada lagi perbedaan pelayanan dan obat yang diberikan antara pasien umum dengan pasien peserta JKN.
“Kami langsung bertanya kepada beberapa peserta JKN yang sedang berobat, apakah ada perbedaan pelayanan antara pasien umum dengan pasien yang menggunakan kartu JKN dan tidak diskriminatif “ jelasnya.
Dalam kunjungan tersebut, Kadir juga melihat display ketersediaan tempat tidur yang telah terhubung dengan Aplikasi Mobile JKN. Dengan begitu, peserta dapat memantau secara objektif ketersediaan tempat tidur. Rumah sakit ini juga telah mengimplementasikan antrian online yang terhubung dengan Aplikasi Mobile JKN.
“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja yang telah mengimplemetasikan display ketersediaan tempat tidur dan antrean online, sehingga memudahkan peserta JKN dalam menerima layanan di rumah sakit,” ujarnya.Sementara itu, Direktur RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Kabupaten Bulukumba, Rizal Ridwan Dappi menyampaikan pihaknya secara rutin melakukan koordinasi dengan BPJS Kesehatan Cabang Bulukumba untuk membahas berbagai hal mulai dari administrasi klaim hingga pelayanan.
“Koordinasi dan komunikasi dengan pihak BPJS Kesehatan terus kami lakukan sesuai komitmen kami untuk selalui tertib dalam administrasi, khususnya administrasi klaim. Kami juga berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang baik kepada peserta JKN,” tutupnya