Penyedia Jasa Loker ‘Mulaikarir’ Hadir di Makassar

0
41

Upos,id, Makassar — Salah satu penyedia jasa lowongan kerja bernama Mulaikarir kini hadir di Makassar. Inovasi berbasis aplikasi dan website tersebut secara resmi dipubilkasikan oleh Perseroan Terbatas (PT) Kreasi Nektar Indonesia yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Rupa Raya Indonesia yang bergerak di bidang arsitektur.

Chief Executive Officer (CEO) PT Rupa Raya Indonesia, Bustanil Yasir mengatakan, platform penyedia lowongan kerja Mulaikarir lahir atas dasar keprihatinan terhadap banyaknya pengangguran di Indonesia. Inisiatif tersebut kemudian muncul dengan visi agar bisa mewadahi, merekrut serta merekomendasikan para pelamar kerja untuk mendapatkan pekerjaan di suatu perusahaan.

“Lahirnya Mulaikarir dilatar belakangi melihat para pelamar kerja yang muncul bibit bibit bagus, kemudian saat itu PT Rupa Raya menerapkan program intensif, jadi kami bekerja sama dengan sekolah dan perusahaan dan mereka bisa masuk disini. Program ini terus berjalan sekitar dua tahun dan kami berpikir anak anak baik yang belajar, bekerja dan free lance di sini, sudah naik standarnya dalam perekrutan karyawan sehingga kami berinisiatif untuk membantu mereka,” kata Bustanil.

“Selama enam bulan belajar di PT Rupa Raya sehingga kami membantu mereka untuk mendapat pekerjaan. kalau tidak bisa di sini, kita support mereka bisa mendapat pekerjaan di perusahaan lain. Dari sinilah mulai lahir Mulaikarir,” ujarnya lanjut.

Terkait sistem dan pengelolaannya, Bustani menjelaskan bahwa Mulaikarir dikelola langsung oleh PT Kreasi Nektar Indonesia. “Kami melihat banyaknya pengangguran di Indonesia, kita melihat pelamar kerja antri di job fair dan kami miris melihat mereka sehingga kami ektraksi, konfersikan menjadi sebuah aplikasi Mulaikarir. Ini bukan aplikasi baru tapi sudah banyak aplikasi serupa lain, tetapi kami melihat ini kesempatan unrtuk membuktikan bahwa Makassar bisa juga melahirkan inovasi start up,” ungkap Bustanil.

Salah satu kelebihan Mulaikarir yang tidak dimiliki oleh penyedia jasa lowongan kerja lain, lanjut Bustanil, adalah di Mulai Karir ada fitur video presentasi user. “Di dalam aplikasi bukan hanya cv saja. Kita perlukan video karena ini memudahkan pihak perusahaan dalam menangkap gestur atau model pelamar. Jadi sudah ada gambaran dalam membantu perusahaan melihat calon pelamar kerja,” jelasnya.

“Melalui fitur video ini, perusahaan bisa melihat dan menawarkan langsung pekerjaan ke pelamar. pihak perusahaan yang tertarik dengan calon pelamar tersebut pun bisa langsung melakukan permintaan wawancara,” tambahnya.

Bustani mengaku, perusahaan yang dikelolanya itu telah menjalin komunikasi kemitraan dengan puluhan ribu perusahaan di Indonesia. “Berdasarkan data base, yang belum terforward total sampai 60 ribu perusahaan seluruh Indonesia, kemudian yang sudah di follow up dan dipresentasikan untuk diajak kerja sama lebih dari 600 perusahaan dan yang telah dipresentasikan ada 60 perusahaan khusus di Makassar saja,” paparnya.

Lebih lanjut, bahwa Mulaikarir juga memiliki sistem terbaru yang tidak ada di job portal lain. “Kami punya satu sistem terbaru yang menurut saya tidak ada di job portal lain, dimana, bayar untuk orang yang melamar. Cara kerjanya adalah posting sebebasnya, pakai fitur premium Mulaikarir kemudian berhasil terposting lalu ada orang yang melamar nanti bisa langsung di cek berapa orang, setelah di cek kita tertarik di satu orang maka satu orang itu saja yang perlu di bayar,” urai Bustanil.

Tidak hanya itu, kelebihan lainnya adalah menu orbit. Pelamar kerja akan diorbitkan ke pihak perusahaan atau direkomendasikan agar mereka bisa diseleksi untuk diterima kerja.

“Aplikasi baru di Makassar yang berbasis aplikasi atau website bergerak di bidang web portal atau di pencarian lowongan kerja, alhamdulillah tadi pagi secara remi juga buka ke masyarakat umum dan sudah bisa di akses di mulaikarir.com dan juga di playstore,” kata Irwan, General Manager PT Rupa Raya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini